Thursday, January 29, 2009

Demokrat: Yoyo Lebih Baik ketimbang Gasing

After her public criticsm over Yudhoyono's government sometimes ago (Poco-Poco dance), Megawati casted another one. For her, Yodhoyono is playing yoyo in implementing his policies which let people in uncertain directions. Meanwhile, one of Demokrat's backbenchers said that playing yoyo is better off than playing a top spinning which only spins on the spot and crushes the ground. This parable means that during Megawati's era, the national development did not produce any significant progress and many national assets were sold out to the foreign companies which deteriorated Indonesian economy at a rapid pace. It seems that Indonesian politics is still far away from its maturity, since its leaders behave childishly.



Kamis, 29 Januari 2009 | 11:27 WIB

JAKARTA, KAMIS — Para politisi rupanya benar-benar sedang bernostalgia dengan berbagai permainan anak-anak. Setelah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengkritik kebijakan pemerintah Susilo Bambang Yudhoyono seperti permainan yoyo, giliran anak buah SBY, yang mengeluarkan "kosa kata" permainan anak. Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR RI Sutan Bathoegana, membalas kritikan Mega, dengan menyebut kebijakan era pemerintahan Megawati Soekarnoputri sebagai permainan gasing.

"Permainan yoyo itu jauh lebih baik ketimbang pemerintahan Megawati pada masa lalu yang saya umpamakan seperti permainan gangsing. Yoyo kan naik turun, sedangkan gangsing hanya berputar-putar saja di tempat, malah melubangi tanah hingga rusak," kata Sutan di Jakarta, Kamis (29/1), menanggapi kritikan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri terhadap pemerintahan SBY.

Megawati Soekarnoputri, dalam pidato pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI-P di Solo beberapa hari lalu mengatakan, kebijakan pemerintah terkesan menjadikan rakyat seperti permainan yoyo, digoyang naik turun tanpa kejelasan ke mana arahnya.

Anggota Komisi VII DPR RI ini mengakui yoyo itu memang naik turun. "Artinya, pendapatan per kapita kita naik dari 600 dollar AS per orang menjadi 1.600 dollar AS. Juga devisa negara kita naik, anggaran pendidikan kita naik menjadi 20 persen, dan sebagainya," ungkapnya.

Sebaliknya, ia melanjutkan, yang turun seperti harga BBM. "Harga BBM turun sampai tiga kali, tingkat korupsi juga turun sesuai dengan catatan dari Transparansi Internasional. Begitu pula ancaman separatis turun, dan sebagainya," ujarnya.

Sementara itu, lanjutnya, gasing itu hanya terus saja berputar di tempat, "Dan tidak pernah maju, bahkan cenderung melubangi tempat gangsing itu sendiri hingga rusak," katanya.

Perumpamaan ini bermakna bahwa, selama Megawati menjadi presiden tahun 2001-2004, tidak ada kemajuan sama sekali yang diraih bahkan kondisi berbagai sektor banyak mengalami kemunduran.

"Terbukti, dua pulau kita hilang, yakni Sipadan dan Ligitan. Juga beberapa badan usaha milik negara (BUMN) strategis kita dijual ke asing, seperti Indosat. Lalu VLCC (kapal tanker raksasa) yang sangat vital untuk Pertamina yang dilego, gas alam kita di Tangguh diobral murah, serta kasus BLBI triliunan rupiah yang sampai saat ini masih belum jelas," ungkapnya.

Selain itu, dia mengatakan, zaman pemerintahan Megawati, korupsi masih merajalela, disintegrasi bangsa tetap mengancam, terutama di Aceh dan Papua yang tidak pernah dapat dituntaskan. "Jadi, mana yang lebih baik, yoyo atau gasing? Biarlah rakyat yang akan menentukannya," kata Sutan Bathoegana.


EDJ
Sumber : Ant

No comments: