Thursday, July 13, 2006

Amuk Mahasiswa

Pendidikan Tinggi:
Gedung Rektorat UNM Diserang Sekelompok Mahasiswa

http://www.mediaindo.co.id/berita.asp?id=105754

MAKASSAR--MIOL: Gedung Rektorat Universitas Negeri Makassar (UNM) diserang sekelompok mahasiswa, Rabu (12/7). Para penyerbu mengaku anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNM dan mahasiswa Fakultas Teknik UNM.

Akibat serangan tersebut, semua kaca jendela di gedung rektorat pecah mulai dari lantai satu sampai tiga, karena terkena lemparan batu. Mereka juga memukul dengan stik hoki, selain melepaskan busur panah.

Awalnya, mahasiswa berunjuk rasa di Kantor DPRD Sulawesi Selatan, kemudian dilanjutkan di depan gedung rektorat yang jumlahnya hanya 15 orang. Tapi, di gedung rektorat, yang dijaga mahasiswa dari Fakultas Ilmu Keolahragaan diserang oleh puluhan orang.

Mahasiswa Fakiltas Ilmu keolahragaan yang tidak siap, dipukul mundur para pengunjuk rasa. Tak lama mereka merusak kaca jendela di rektorat.

Dalam aksi tersebut, satu orang luka dari fakultas teknik. Tiga orang diamankan pihak kepolisian Makassar Timur, yang didapati membawa senjata tajam dan busur.

Aksi tersebut merupakan lanjutan dan balas dendam Jumat (7/7) lalu, saat anggota BEM UNM berunjuk rasa menolak kenaikan SPP dari Rp375 ribu menjadi Rp675 ribu.

Saat itu anggota BEM yang berunjuk rasa diusir paksa pihak rektorat dan mahasiswa yang mengamankan kampus, yang merusak sekretariat BEM Fakultas Ilmu Pendidikan.

Karena tidak puas, anggota BEM UNM bergabung dengan mahasiswa Fakultas Teknik, berunjuk rasa dan menyerang rektorat.

Atas pengerusakan tersebut, Pembantu Rektor III, Syamsu Gani menyatakan, mahasiswa yang melakukan pengerusakan akan mendapat sanksi akademik atau bahkan diberhentikan dari UNM. (LN/OL-02).

(Keterangan gambar:
Seorang mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) (kiri) tampak memegang parang dalam bentrokan antarmahasiswa di gedung rektorat kampus Gunung Sari Makassar, Rabu. Keributan dipicu kenaikan SPP dari Rp375 ribu menjadi Rp675 ribu).

No comments: